Archive for ‘maknakata’

27 April 2014

Kue Legit Indonesia

peta dunia

Indonesia gemah ripah loh jinawi!

Memang tidak dipungkiri negara kita Indonesia ini adalah negara kara raya. Tambang, minyak bumi, hasil hutan, kebun dan laut melimpah ruah. Negara yang terdiri dari 13 ribuan gugusan pulau besar dan kecil ini berada di tengah-tengah persilangan benua dan lautan. Nusantara, nusa antara yang konon lebih hoki dibandingkan nama Indonesia (Indus = Hindia dan nesos=pulau) itu sendiri adalah ditakdirkan menjadi harta karun yang terpendam di dalamnya kekayaan alam. Emas, berlian, batu bara tumpah ruah di dalamnya.

Namun, tahukah kita makna sketsa gambar di atas?

Kultur masyarakat Nusantara telah terbentuk ribuan tahun yang lalu dengan 3 (tiga ) unsur didalamnya sehingga menjadi budaya pribumi yang berkolaborasi dengan 3 sudut segitiga hijau.

1. Sudut satu, ekspansi besar-besaran suku cina, Tiongkok yang biasa disebut India belakang menjadikan Nusantara berpenduduk pendek kuning langsat dengan perekonomian ulet berbau simpoa.

2. Sudut dua,  Pedagang gujarat dari India yang kental keislamannya atas pengaruh jazirah Arabia menjadikan mayoritas penduduknya pemeluk Islam sampai sekarang.

3. Sudut tiga, hasil persilangan kedua pengaruh itu Cina dan Arab menghasilkan pribumi Nusantara yang baru. Pendek-pendek, kulit sawo matang namun mata sudah lebar berhidung mancung ala Arabia dan India.

Demikian kuatnya pengaruh ketiga sudut itu yang dibentuk tanpa paksaan(lewat perdagangan), membuahkan akulturasi apik yang bagaikan paduan orkestra  harmonis antara pengaruh keuletan  ekonomi ala cina, tauhid robbaniyah agama Islam dari Arabia yang berpadu dengan unggah-ungguh budaya leluhur tanah Nusantara, terutama adat Jawa. Toto kromo mareng manungso , leluhur lan toto kromo mareng  ingkang paring  dumadi Рgusti Auwloh. Dengan demikian agama Islam di Nusantara ini tidaklah sama dalam perkembangannya dengan asal sumbernya yaitu Arab , Timur Tengah itu. Sehingga masih ada adat kebiasaan orang mati dikubur dengan tanah makam berundak, paes bunga, tahlil selamatan sampai tujuh hari. Pengaruh agama leluhur itulah yang masih mengikat Sunan Kalijogo untuk tetap memakai Blangkon dalam aktivitas keislamannya bukan surban ala padang pasir itu serta berdakwah dengan wayang dan gamelan model kyai kanjengnya M.H Ainun Najib.

Bertahun-tahun keadaan ini stabil РNusantara Zamrud Khatulistiwa Рmenjadi incaran kaum serakah. Dengan sengaja bawa senjata tahulah kita orang-orang Eropa: Portugis, Inggris, Belanda bahkan Amerika  yang  kecerdasannya mengingatkan kepada turunan Yahudi tanpa tedeng aling-aling memaksa rakyat Nusantara yang telah hidup rukun makmur dijajah dibawah tekanan (lihat panah merah di gambar atas). Sejarah mencatat 350 tahun kerja paksa Rodi untuk rempah-rempah, hasil kebun hutan dibawa ke negaranya. Indonesia merana saat itu secara fisik , batin maupun ideologi. Fisik lawan fisik, ideologi  lawan ideologi. Indonesia  Pancasilais menang. Merdeka!

Sekarang setelah merdeka panah merah itu sulit dibendung sebab sudah tidak lagi terang-terangan mengancam, namun secara samar bergerak terus melesatkan busur panah beracun lewat kikis budaya Nusantara, gerus Pancasila merongrong ideologi pelan dan samar. Yahudi dan Eropa yang berkiblat ke Amerika terus menembus segitiga hijau Indonesia dengan tujuan dan cara yang sama dengan penjajahan dahulu, Politik DEVIDE ET IMPERA lalu  keruk semua harta. Politik adu domba, ambil kekayaannya. Tidakkah otonomi digulirkan adalah bagian dari itu? Sehingga rakyat yang haus kuasa ingin jadi penguasa kecil di daerahnya? Lalu masing-masing  bertahan atas nama tahta, atas nama menyelamatkan budaya daerahnya lalu lupa kepada Indonesia rayanya? Lalu raja-raja kecil itu saling mecongkrah Рbertengkar sebab bagaikan jangkrik yang diglitik diadu  kemudian saling gigit dengan taringnya? Pengadunya puas bahagia, menang taruhan.

SISTEM EKONOMI KAPITALIS menina bobokkan penguasa.Freeport, Newmont , batubara dan lain-lain masihkah milik Indonesia Raya? Kue legit itu Indonesia. Sadarlah!

 

 

25 May 2013

Reunion utowo Reuni ( Buat Alumni SMPN 1 Banyuwangi ’83)

Kata Reuni hang diadopsi soko negorone Pangeran Hilarry iku maknane pertemuan kembali  ( bekas teman sekolah, kawan  seperjuangan , dsb ) setelah berpisah cukup lama. Iki menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kadung mbah Google klawan Mbok Wikipedia hang sempat mampir nang  Ngayugjokarto nyatakaken kedegi  , “Kelas Reuni punika satunggiling patemon mantan konco sakelas, biasane ngatur ing cedhak utawa sing lawas sekolah dening anggota saka kelas saiki utawa nyedhak sing ulang taun sing lulusan. Mantan guru uga diundang. Umumé, peserta reuni utawa ngelingi  reminisce babagan sing dina sekolah digunakake dadi, kanthi rinci ngelengke kanca sing kaya nosy, lan dhateng ing crita apa kedaden kanggo saben wong wiwit pamisah munggah lan kasebar. Lulusan biasané banget ngangap karo cara sing urip diowahi yen dibandhingake manggon sing mantan konco sakelas, lan kadhangkala aran pressured diajak akeh bab sing sukses Careers, pribadi prestasi, lan sesambetan kaliyan liyane  nomer uga melu kelas Reuni Reuni hadiah kanggo ing institusi pendidikan ngangap “.

Nah, tambah bengung kan riko? Maklum Mbah Google iki mageh keslea-sleo ilate, mosok diwolak-walek susunane yah! Kapan kedegu ‚Äď hang bener – takokno ¬†Pak Mansur byaen weh! ( Guru Bahasa Daerah ‚Äď bengen sindirane Pak Mansur iku : Masak kamu (yang Jawa) kalah dengan Yosaphat Bagus Purnama yang pinter nulis ho-no-co-rok , padahal dia( maaf) Suku Cina! Sak kelas 3A bengen cuman cengengesan ¬†sambil mikir bener pisan opo jare Pak Mansur ‚Ķ.he‚Ķhe‚Ķ( Mulo Yosapahat iku pancen pinter ngukir tulis Jowo dibandingaken isun wk..wkw..wkk)

Dadi singkate Reuni iku maknane kangen-kangenan lah balek nostalgia ambi konco-konco lawas, iso sak kelas bahkan sak sekolahan. Mergo iki heng tau kecaruk saklawase 27 tahun , mesti yo pangling kabeh. Bengen mageh imut ‚Äďimut saiki amit-amit. Bengen rambute ireng saiki ngembang jambu klampok. Ojo lali , poro guru ugo diundang. Nah, tentang nostalgik ambi guru iki isun duwe cerito dulur!

Sssstttt! Isun tau dikampleng Bu Sujiarto yah lek. Gara-garane si Bintang Komar (ponakane Pak Mudafir iku) guyon ambi sopo yoh (isun lali) waktu dimulang Bahasa Indonesia kelas loro ¬†. Prasan isun ¬†hing milu guyon ‚Äďcuman karena saya berada di dekat (kanan ) Komar sebab mau pinjam apa gitu ‚Äď ih malah saya dipanggil . Isun sing segera merespon sebab pandangan beliau ( Maaf, ya Bu) kan tidak lurus kepada yang dipanggil- kirain manggil Komar ¬†(sesab pupil mata beliau ke Komar). Saya jadi tenang-tenang saja ‚Äď nyantai ‚Äď nyantai byaen . He‚Ķhe‚Ķhehhhh‚Ķ.malah marah beliau‚Ķlalu‚Ķ.mendekati kami ..tiba-tiba ‚Ķ..PLENKKKK!!!!(welek ditampar lek!), pipiku memerah‚Ķ.daku meneng baen wes meratapi nasib ( ambi byewek ato osing lali weh ).

Peristiwa iku membekas lek…Bahasa Indonesia dak saya sukai ! Ya, bukan sebab peritiwa itu seorang tapi ada sastranya itu lho yang bikin dak PEDE tampil. Ha..ha…malu berakting di depan umum ..coy! Jadi Pelajaran Bahasa Indonesia wes gak minat blasssss!

Dak terpikir apa dibalik makna peristiwa iku. Waktu demi waktu berlalu . Lulus SMP masuk SMPP. Tetap Bahasa Indonasoa ndak diminati dan digeluti. Biasa ae wes…justru Inggris ( ketate Bu Sumarni ngapalkan kosakata) , Matekmatek..an ( Nek Pak Afandi ngajari rodok gak ngerti aku ), Geofisika ( Sueneng n kagum ngajare Pak Sarmadi ), Fisika ( bengen tahu diajari Pak Imam ambi pak Sugianto rasane)  …wow…keren!!!!! Sedang Ekonomi ( Pak Soli yoh ) hing demen yah isun ambi pelajaran sejarah-sejarah ngapalaken lahire wong-wong yah!Mangkane isun ngamet jurusan IPA di SMPP. Maka luluslah ……ketrimo nyang FKIP UDAYANA waktu iku (1986) saiki UNDIKSHA SINGARAJA.

HEEHHHHHH! APA YANG TERJADI! Ternyata saya tidak diterima di jurusan Bahasa Inggris (diploma) tapi  diterima di Jurusan BAHASA INDONESIAAAAA! DIPLOMA II. ( Jujur yah…(waktu iku) kirain diploma iku hubungane ambi departemen luar negeri dudu guru). Jadi ya somust go on gitu lhoh…..

Apa mau dikata,  nasi sudah jadi bubur…mau dijemur dudu cengkaruk arane ko! Yo wis…sudah keceplung ( delep-depne sisan). Sejak itu mulai mencintai bahasa Indonesia. Mulai oret-oret bikin puisi ( Yang minat baca klik Page https://paktris.wordpress.com/) dst…

Akhirnya tahun 1988 lulus lalu 1989 datang SK Pengangkatan jadi Guru Di SMPN 3 Kintamani, pangkat II/b dengan gaji Rp 43.000- an. Yakni guru BAHASA INDONESIA.

Oh ala Gusti Allah! Inilah kiranya arti “ TAPAK LIMA JARI “ Ibu Sujiarto yang hinggap di pipi mungilqu saat itu. Beliau weruh sak gurunge winarah (ha..ha..ha…asal nyrocos ki), saya diplot untuk menerima warisan ilmu leluhur lewat aji “ TAPAK LIMA JARI “.

Matur Nuwun , Bu! Kulo crito niki mboten kok dendam, nanging cuman ngungkapaken rahasia dibalik peritiwa MALARI ( malapetaka lima jari) he..he…Niko, lho Bu…damel ngramekaken REUNIAN rencang-rencang! Matur nuwun sanget nggih bu/pak..tanpa panjenengen poro guru sedoyo …..kulo lan rencang-rencang niki nggih mboten wonten napa-napane! Sungkem kulo, Bu/Pak!

Tags:
3 February 2013

Presiden dan Preseden

Sebuah kelakar yang menggelitik ¬†, ” Dahulu tokoh-tokoh nasional masuk penjara terlebih dahulu kemudian menjadi pejabat. Sekarang justru sebaliknya, banyak orang yang jadi pejabat dahulu ¬†kemudian masuk penjara “.

soekarnoSaya ambil contoh : Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. ¬†Dr.(HC) Ir. Soekarno¬†(ER,¬†EYD:¬†Sukarno,¬†nama lahir:¬†Koesno Sosrodihardjo) (lahir di¬†Surabaya, ¬†Jawa Timur,¬†6 Juni¬†1901¬†‚Ästmeninggal di¬†Jakarta,¬†21 Juni¬†1970¬†pada umur 69 tahun) adalah¬†Presiden¬†Indonesia¬†pertama yang menjabat pada periode¬†1945‚Äď1966.¬†Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.¬†¬†Ia adalah¬†Proklamator Kemerdekaan¬†Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal¬†17 Agustus¬†1945. Soekarno adalah yang pertama kali mencetuskan konsep mengenai¬†Pancasila¬†sebagai dasar negara¬†Indonesia¬†dan ia sendiri yang menamainya.¬†

Bung HattaDr.¬†Drs.¬†H.¬†Mohammad Hatta¬†(lahir dengan nama¬†Muhammad Athar, populer sebagai¬†Bung Hatta; lahir di¬†Fort de Kock¬†(sekarang¬†Kota Bukittinggi,¬†Sumatera Barat),¬†Hindia Belanda,¬†12 Agustus¬†1902¬†‚Ästmeninggal di¬†Jakarta,¬†14 Maret¬†1980¬†pada umur 77 tahun) adalah pejuang, negarawan, ekonom, dan juga¬†Wakil Presiden Indonesia¬†yang pertama. Ia bersama¬†Soekarno¬†memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda sekaligus¬†memproklamirkannya¬†pada 17 Agustus 1945. Ia juga pernah menjabat sebagai¬†Perdana Menteridalam¬†Kabinet Hatta I,¬†Hatta II, dan¬†RIS. Ia mundur dari jabatan wakil presiden pada tahun¬†1956, karena berselisih dengan Presiden¬†Soekarno. Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Beliau  adalah orang-orang yang sering keluar masuk penjara bahkan di buang oleh pemerintah kolonial.  Soekarno masuk penjara Banceuy di Bandung, dibuang di Muntok, Bangka bahkan Digul , Irian Jaya. Sedangkan Hatta  menghuni penjara Glodok atau dengan nama Strafinrichting Glodok serta penjara Boven Digoel, Irian Jaya.  Namun , kita ketahui bersama di kemudian hari mereka menjadi pejabat Republik Indonesia yaitu Presiden dan Wakil Presiden. Ini adalah  preseden baik !

Sebaliknya pada akhir-akhir ini  pejabat (pusat dan daerah ) justru masuk penjara setelah menjabat. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengungkapkan 474 pejabat di daerah terlibat kasus hukum. Gamawan menyebutkan,  330 sudah menjadi terpidana.  Mayoritas kasus yang dialami oleh para pejabat daerah tersebut adalah terlibat kasus korupsi. Pejabat korupsi adalah preseden buruk!


Menurut kamus , makna kata presiden ada dua yakni 1 Kepala lembaga atau perusahaan.  Misalnya,  Presiden Direktur bermakna pemimpin untuk perusahaan,   2 Kepala Negara (bagi negara berbentuk republik). Misalnya, Presiden yang ke-6  Republik Indonesia adalah Susilo Bambang Yudhoyono.

Lalu apa makna preseden ? Menurut Kamus Umum Besar Bahasa Indonesia artinya adalah hal yang telah terjadi lebih dahulu dan dapat dipakai sebagai contoh. Namanya contoh berarti ada yang contoh yang baik ada contoh yang buruk. Maka kemudian muncul istilah preseden yang baik dan preseden yang buruk.

Maka sebaiknya seorang presiden ( sikap dan perilakunya ) menjadi preseden yang baik!

7 January 2013

Wanita Ngangkang, …Wow!

Lama tidak posting, lalu dengar kata ngangkang sedang hangat di media tergelitik juga sang jemari meraba tuts keypad.

lubihardibayu.comMakna kata  NGANGKANG sebenarnya adalah netral seperti makna kata-kata lain pada umumnya. Namun karena kata itu melekati kata WANITA maka makna kata menjadi bias. Citra Рtanggapan indra tidak lagi netral Рtetapi sudah meluas seluas imajinasi orang yang membayangkan. Semisal orang menyebut GURU maka makna sebenarnya adalah kata yang hanya terdiri dari 4 susunan huruf G РU РR РU itu  bermakna orang yang pekerjaaanya mengajar dan mendidik di sekolah. Hanya itu. Ya itu saja. Simpel , sederhana, netral dan tidak memiliki citra lain.

Nah, bilamana orang mengartikan kata guru itu dengan makna kata yang membias misalnya guru itu santun, guru itu harus bermoral, guru itu identik dengan teladan yang baik, serba tahu dsb, ya sah- sah saja orang memaknai itu. Ini adalah imajinasi orang yang memaknai atas pengetahuan orang itu terhadap kata guru. Itulah makna tambahan (konotasi ) hasil olah rasa, hasil utak atik otak. Demikianlah bila orang menyebut Rhoma Irama. Sontak makna yang ada selain makna utamanya adalah penyanyi dangdut , ia adalah pelantun Begadang Tiada Artinya maka pekerja-pekerja dilarang lembur. Ia siap ¬†mencalonkan ¬†Balon ¬†Presiden , lalu lagu BERKELANA ¬†harus dihapus sebab tidak baik kalau Presiden berkelana terus. Lucu juga kalau Panglima TNI diganti dengan Panglima Satria Bergitar ha..ha..ha…

Bagaimana kalau WANITA NGANGKANG (naik sepeda motor misalnya )?

Makna utamanya adalah seorang wanita duduk bonceng menghadap ke depan sedangkan kaki sedikit naik karena pijakan kaki penumpang dalam ¬†skutek memang tinggi…selesai lah maknanya. Lalu makna tambahannya yakni makna utak atik otak (apalagi ¬†otak sedang ngeres ) ….WOOOOOOWWWWW! Selangkangan wanita itu terbuka lebar … lalu … anu …dan anu….si anu….

Apakah ini yang menjadi dasar atau asumsi (rancangan/ imbauan ) perda  dari orang-orang yang duduk dalam pemerintahan Lhok Semawe , Aceh? Kalau ya (mudah -mudahan tidak ) maka siapa yang ngeres wanita yang sedang ngangkang di boncengan atau kita yang melihatnya?

Alasannya adat istiadat tidak mengijinkan (ini yang saya dengar dalam media ) atau alasan syariah.sandikoading.wp.com

Menarik jawaban perempuan penggiat LSM dan Ismail ( dari HTI ) bahwa Cut Nyak Dien naik kudanya mengangkang alias tidak menyamping. Siti Aisyah ( istri nabi  Muhammad ) naik kuda atau Onta mengangkang juga. Mengapa ? Keselamatanlah taruhannya. Bayangkan kalau berlari kencang lalu duduk menyamping (tidak mengangkang )  , bisa jadi patah tulang!

Jadi, mestinya perda transportasi bertujuan SAVETY RIDING , keamanan berkendara bukan ….!!!!!

Tags:
11 November 2012

Marning : Sebelum bertato, periksakan kejentlemenan Anda!

Gb : vimeo.com

BANDUNG¬†‚Äď Sesosok mayat pria bertato ditemukan warga di sepetak sawah Kampung Cikuda, Kelurahan Pasirbiru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Minggu (11/11/2012) sekira pukul 06.30 WIB. ¬†¬†Kapolsekta Panyileukan, Kompol RN Mulyadi mengatakan, mayat tersebut telah teridentifikasi dan diketahui bernama Ifan Rifa‚Äôi (34).¬†
‚ÄúDari keterangan saksi-saksi, korban ini punya riwayat sakit ayan. Diduga saat itu ayannya kambuh dan korban terjatuh dari gelengan sawah,‚ÄĚ jelasnya saat dihubungi wartawan.(http://bandung.okezone.com/)

Menurut sumber wikipedia , ¬†‚Äútato‚ÄĚ berasal dari kata Tahitian / Tatu, yang memilki arti¬†: menandakan sesuatu.¬†Rajah¬†atau¬†tato¬†(Bahasa Inggris:¬†tattoo) adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan¬†pigmen¬†ke dalam¬†kulit. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Rajah dapat dibuat terhadap kulit¬†manusia¬†atau¬†hewan. Rajah pada manusia adalah suatu bentuk modifikasi tubuh, sementara rajah pada hewan umumnya digunakan sebagai identifikasi.

Tato dibuat sebagai suatu symbol atau penanda, dapat memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi si empunya dan simbol keberanian dari si pemilik tato. Sejak masa pertama tato dibuat juga memiliki tujuan demikian. Tato dipercaya sebagai simbol keberuntungan, status sosial, kecantikan, kedewasaan, dan harga diri.

Dengan begitu nilai tato berbanding lurus dengan keberanian. Kata berani sendiri bermakna tidak takut, tidak gentar, tidak kecut. Makna ini masih selevel dengan kata sangar, yakni angker , tampak menyeramkan. Imajinasi sangar bisa dipadankan dengan kata gentleman . Adopsi dari kata bahasa Inggris yang diindonesiakan menjadi amelioratif  pria yang keren, macho, gagah berani, kuat, tahan banting dan tidak sakit-sakitan.

Jadi, orang bertato dicitrakan orang yang keren, gagah, kuat, macho dan tidak sakit-sakitan (lemah lunglai) . Nah, kalaulah demikian maka seharusnya yang bertato itu tidak sakit-sakitan apalagi ayan. Apa kata dunia??????? Nyungsep di sawah lagi. Nggak level X!

Ilustrasi : Badan tegap. Tato segudang di tubuh. Kaca mata hitam. Lengan Baju disisingkan. Wou…keren!

¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† ¬† Eh,….naik angkot …..muntah-muntah. Hahhhhhh, apa kata dunia?

Marning : Sebelum bertato, periksakan  kejentlemenan Anda!

 

Tags: