Habis Gelap Terbitlah Terang

Saat pilkada DKI 2017, media mainstream atau media arus utama terus membentuk opini kita. Kedua kubu disekat dengan dua perbedaan yang sangat ekstrim. Bahwa kubu petahana itu menjadi protagonisnya, sedangkan penantangnya adalah antagonisnya. Hembusan media itu terus menerus menggempur ruang baca kita. Akibatnya, literasi kita menjadi sempit namun kuat menggumpal dalam pikiran sehingga opini kita tidak lagi fair, bisa-bisa darah pun membeku di otak. Tersugesti bahwa petahana itu tokoh yang memerankan kebaikan sebaliknya tokoh jahatnya adalah lawan politik petahana. Keadaan ini terus mengungkung kita bahkan sampai proses pilkada pun sudah selesai. (Memang dahsyat…media itu!!!)

Bentukan opini publik dari media mainstream tersebut dengan masif membentuk mindset, pola pikir masyarakat. Termasuk masyarakat di luar DKI dan bukan orang DKI yang tidak terkait langsung dengan pilih memilih gubernur DKI saat itu.( Review: Lucu juga sih…..ngapain mereka ikut campur, ya?)

Pola pikir seperti ini adalah pola pikir tidak wajar, keliru dan tidak ilmiah. Sebab, mindset kita terhipnotis oleh media yang tendensius (punya tujuan tertentu) atau info yang belum tentu kebenarannya alias hoax. Hoax itu bisa saja bersumber dari pro petahana atau penguasa. Bisa juga berasal dari pro oposisi atau penantangnya.

3)

sumber gb:multi-persada.com

Jika kita adalah warga yang suka menjunjung kebenaran informasi, maka kita tergolong orang yang intelek dan ilmiyah. Ini biasanya sifat orang yang berkecimpung dalam dunia akademik. Tidak mudah percaya dan selalu ingin bertindak secara ilmiyah. Langkah yang ilmiyah salah satunya adalah menggali informasi pendamping yang tidak sejalan dengan informasi awal. Singkat kata ada informasi dari media yang kiri. Carilah juga bagaimana menurut media yang kanan. Dengan begitu pola pikir kita akan menjadi jernih,  cerdas dalam berpikir dan bertindak, lalu hati nurani terang bercahaya oleh kebaikan. Insyaallah, selamat dari penyakit darah tinggi serta stroke! Amin……

Tinggalkan Komentar Ya!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: