Kelompok Ini Bikin Iri

IMG_20170319_131614Orang yang belas kasihan akan dikasihi Arrahman (Yang Maha Pengasih), karena itu kasih sayangilah yang di muka bumi, niscaya kamu dikasih-sayangi mereka yang di langit. (HR. Bukhari).

Alhamdulillah, rupanya Allah punya punya skenario tersendiri. Rencananya aku dan Rizal, anakku ke-2 silaturahmi ke Kota Gandrung, Banyuwangi. Di simpang 3 Cekik, Gilimanuk hati berbisik lain. Segera tancap gas Beat Putih produk 2013 belok ke kiri arah Jembrana. Mestinya ke kanan masuk pelabuhan Gilimanuk lalu nyebrang ke ketapang. Ah, it’s Ok. Lanjut saja gas rem gas rem sampailah di Cupel. Kopiah yang kucari di toko Busana Muslim kegedean ukuran. Lanjut arah Kota Negara via Tegal Badeng Barat. Panorama pemukiman Muslim dan Hindhu bergantian ditingkahi petak-petak sawah yang padinya mulai menguning. Tegal Badeng Timur lanjut ketemu Loloan Barat. Di sini kutemukan benda yang kami cari. Kopiah Nasional untuk pentas si Rizal, Pas ukurannya, pas duitnya. Sebab toko di kampung begini pasti harganya lebih rendah daripada di Toko Besar macam mall sebab pajak.

Ah, usai belanja perut mulai iri. Mampir di warung bubur milik orang Jogja yang sudah menetap di Loloan. Tak sangka Amri, anak pedagang bubur itu teman sekolah Rizal. Asyik makan bubur, hampir usai Adzan zuhur berkumandang. Amri terlihat naik sepeda bersiap menuju masjid. Segera bubur ayam yang sedap kami telan dak perlu dikunyah (he..he) lalu tanya, dimanakah masjid terdekat?

Dengan berbekal petunjuk pedagang bubur, kami siap pacu pelan menuju Masjid terdekat.Ternyata Masjid Ad-Dakwah, Loloan Timur kalu gak salah.  Alamak, di teras masjid banyak hidangan, sholat jamaah pun juga usai. Semula, aku kira hidangan untuk kafilah MTQ sebab di sekitar memang ada event MTQ. Ok, so must go on aja. Toh masjid tempat ibadah terbuka bagi siapa saja yang mau menghadap Allah SWT.Gak papa kami sholat sendiri. Sholat berakhir. Doa ku angkat sebagai mana biasa.

Belum usai tangan turun doa, belum kering air wudu di muka, seorang pemuda tampan baik hati datang menghampiri. Pak, mari bersama makan hidangan. Amboiii, inilah nikmat ganda. Sholat ditunaikan, makan minum dihidangkan. Alhamdulillah, pilihan saya ternyata tepat. Pilih bubur di warung tadi sehingga masih ada tempat nasi  di perut ini.(hick..hikc…malu-maluin aj). Suer..jujur sambil makan saya bertanya-tanya di hati. Acara apaan ini ya? Untungnya jawaban mudah saya temukan. Oh…ini rupanya acara khataman Al_quran yang digagas GPL (Gerakan Pemuda Loloan). Sambil nyantai komunitas itu saling sharing dengan bahasa Loloan yang khas.Meski tak banyak ngerti, kami larut dan asyik masyuk dalam obrolan namun sayang kami tidak punya waktu banyak. Sehingga tidak sempat berkenalan lebih jauh. Bahkan ketua GPLnyapun kami tidak tahu. Tapi trik ini sebenarnya kami jalankan untuk menjaga keikhlasan mereka itu. Sambil di otakku bicara pasti suatu komunitas ada sosial medianya. Pamit, ah….!

Eit, betul saja sampai di rumah aku googling Komunitas GPL. Nah, ketemu. (Ini alamatnya https://www.facebook.com/gerakanpemudaloloan/?fref=ts).Saya cari tahu lebih jauh. IMG_20170319_131551Subhanallah, GPL luar biasa. Menyantuni anak yatim piatu. Ada juga pengajian umum dalam Bingkai Kajian Pojok Surau. Wouw…..Gerakan Pemuda Loloan emang OK!Satu pandangan saja saya sudah bisa menilai. Gerakan ini didukung oleh masyarakat. Buktinya makanan dan minuman melimpah ruah saat khotmil Qur’an. Salut buat komunikasi mereka dengan warga. Salut buat Bapak Hasbil Muhammad ketua gerakan ini. (maaf, baru tahu setelah buka internet).Salam kenal semuanya!

Gerakan Pemuda Loloan(GPL) is Inspiring! Rupanya inilah dibalik batalnya kami ke Banyuwangi.Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? (Arrahman-28).

Advertisements
Tags:

Tinggalkan Komentar Ya!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: