Gara-gara Jadi Goro-goro

          Piye Le? Awakmu nyapo rene?

         Gini, lho Om. Saya kok jadi galau ya dg status Medsos akhir ini. Kok sepertinya yang punya status itu atau sebutan kerennya para netizen seolah tahu segalanya. Termasuk yang komen. Padahal dia sendiri tinggal dijauhan dari TKP. Misal, yang dishare dan dikomeni itu terjadi di Jakarta. Sedangkan netizen itu tinggal di pelosok deso Jawa Timur, misalnya. Lha, tak liat statusnya itu kok ya ya o sbg. orang yang kemlinti, keminter, seolah2 tahu permasahan yang dishare itu. Padahal itu kan sebatas pemberitaan media yang belum tentu kebenarannya. Tergantung medianya pula. Opo ngepro, ato kontra thd topiknya itu. Piye menurut, Om?

        tunujkHe…he…kamu tuh Le, tak pikir ada yg genting ttg. makmu! Gini Le. Sakbenernya hidup itu jangan main tunjuk jarimu. Sekarang hayo kamu berdiri sini. Hadap ke barat arah Jakarta. Angkat tanganmu lalu tunjuk jarimu. Nah, satu jarimu nunjuk orang yang di jakarta toh. Kamu komeni dia. Maki-maki lah, sumpah serapah lah. Fitnah lah.Kamu share di status medsosmu.Wuih….hatimu seneng banget toh iso nglarani wong lain. Itu kalo kontra. Kalo idolamu! kamu puji lah. Kamu ngefans lah. Kamu bela mati-matian. Kamu share juga.  Seneng toh, seolah jadi pahlawan belani idolamu? Trus kalo nunjuk gitu, keempat jarimu itu mengarah kemana? Trus Mata kepalamu (yg isi otak utk. mikir itu), bodimu, kakimu itu ada di mana? Jakarta gitu? Walah, Le…..di sini Le. Di tempat ini , jauh dari Kota Jakarta tempat kejadian perkara yang kamu share itu. Lha, ya gimana tahu yang sebenarnya, orang mata kepalamu ada di  sini. Kamu kan melihat sebatas kamera, media, opini, ato berita televisi. Gak tahu kondisi sebenarnya. Hayo, siapa tahu kameranya ngeblur karena murahan, medianya wis diboking mbelani sing bayar, opinine diputar balikkan faktane, televisine gak independen? Nah, iku jenenge makar, Le. Tipu muslihat, akal busuk. Tendensius. Hidden Agenda!Ada siasat tersembunyi. Coro jowone , ada udang di balik rempeyek. Inget Le, di akhir jaman iku Dajjal gentayangan nyebarne fitnah. Sing bener iso dadi salah. Yang salah iku iso dadi bener. Jaman wis edan. Ojo melok edan.

        Enake, sikapku piye Om?

        Introspeksi. Satu jari tunjuk orang /lembaga lain. Empat jari mengarah ke diri sendiri. Lihatlah di seputar dirimu saja. Jangan liat keberadaan orang lain. Salahmu opo, benermu opo. Jangan incer salahnya orang,sementara benermu gak ketoro. Semut di seberang tampak, gajah di pelupuk mata ra ketok. Elingo mareng Gusti Alloh, balekno wae nang Alloh kersaning gusti Alloh. Kalo mau ngeshare, share lah yang bermanfaat untuk semuanya. Ora nyinggung, ora golek musuh. Kalo kamu mumpung masih muda, kreatif lah yang positif. Buat orang lain bangga dengan kreasi dan karyamu. Jangan mung hanya bisanya maki-maki, komen kompor, fitnah, serta phobia.

        He..he…makasih ya om. Cerdas Omku rek!

        Kamu…. tu Le. Kok hanya Om Telolet Om sing disenengi!

Advertisements
Tags:

Tinggalkan Komentar Ya!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: