Google Map, Ayat-ayat Tuhan

downloadAplikasi google map yang sering kita manfaatkan ternyata adalah ayat-ayat Tuhan yang tersembunyi. Mengapa, begitu?

Perlu kita pahami bersama bahwa yang dimaksud ayat-ayat Tuhan itu tidak hanya ayat-ayat yang tertera dalam kitab suci. Namun, lebih dari itu bahwa semua unsur di alam semesta ini baik yang tampak maupun tidak adalah ayat-ayat Tuhan. Tanda-tanda adanya Tuhan. Yang sudah ditemukan atau pun yang belum ditemukan oleh manusia juga ayat-ayat Tuhan. Sebut saja, misalnya ikan Mujahir. Apakah sebelum orang yang bernama Pak Mujahir menemukan jenis ikan itu, si ikan itu sendiri tidak ada? Atau sebelum orang menemukan gelombang fisika yang populer disebut frekuensi, si frekuensi itu sendiri tidak ada? Entitas si ikan maupun gelombang frekuensi itu sebenarnya telah ada. Namun, eksistensinya baru ditemukan. Entitas adalah ranah Tuhan. Eksistensi tergatung akal manusia.

Bagaimana google map?

Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtual gratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan dihttp://maps.google.com. Ia menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia. Dalam alplikasi ini ada istilah zoom in dengan simbol (-) dan zoom out (+), atau cubit dan mekar bila layar sentuh. Zoom out dilakukan untuk penampilan mendekat  pada objek yang dibidik, sedangkan Zoom in  dilakukan jika ingin menampakkan penampilan peta menyempit, menjauh bahkan mensemesta. Maksud mensemesta adalah seolah-olah mata kita melihat bumi itu dari sudut terjauh dari angkasa raya. Disinilah ayat-ayat tuhan itu mulai kita pahami, renungkan dan rasakan. Betapa logis bahwa kita hidup di dunia ini hanya sebatas mimpi saja. Yang sebentar lagi sudah bangun dari tidur.

Cobalah kita mainkan google maps itu dengan zoom in, zoom out berulang kali. Klik dan klik! Maka kita tahu, perbandingan hidup kita saat berkeliaran beraktivitas di hamparan bumi ini. Saat zoom out, tampak begitu luas dunia ini (bumi itu). Jarak antara satu tempat dengan tempat lain di bumi itu  seolah luas seluasnya sampai kita merasakan aktivitas yang luar biasa jarak tempuhnya dan lamanya waktu tempuh. Dari rumah ke kantor, ke pasar, ke kota lain, balik lagi ke tempat tinggal kita terus menerus seolah siklus yang tak pernah berhenti. Berkilo-kilo meter jaraknya, berhari-hari, berbulan-bulan, bertahun-tahun kita merajai hidup di jalanan dunia ini. Belum lagi bangunan rumah kita, lahan kebun milik kita. Serasa luas berhektar-hektar tak terjangkau oleh mata memandang. Itu saat kita zoom out sang google maps.

Sekarang cobalah zoom in atau cubit atau klik simbol (-) sampai pandangan kita berada jauh di atas titik rumah kita, sampai sudut pandang mensemesta! Lalu bumi tampak setitik saja.  Dimanakah rumah kita yang luas itu? Dimanakah lahan kebun yang berhektar-hektar itu?  Jangankan rumah atau kebun, bumi saja menjadi tampak setitik saja. Kemudian bertanyalah, mana aktivitas yang berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun yang kita banggakan itu? Aktivitas yang kita alami berjarak-jarak dengan waktu yang berlama-lama, bertahun-tahun  pun seolah tak berarti dan menjadi satu titik saja. Semua menjadi satu titik kecil, bahkan lebih kecil dari semut. Satu titik saja!

Semua tampak kecil, sangat kecil bahkan tak terlihat bekas-bekas hasil karya kita, sangat tak  berarti di mata sudut alam semesta. Mana gunung Everest yang tinggi itu, mana patung Liberty di Amerika itu, mana menara Eifel di Paris itu?

Itu baru dari sudut terjauh sudut semesta dari layanan aplikasi google maps, apalagi dari sudut semesta versi Tuhan. Betapa kecil tampaknya dan tak berati harta kita itu. Betapa pendeknya waktu aktivfitas harian kita itu, meski yang kita rasakan bertahun-tahun lamanya.

Maka benarlah pernyataan Tuhan bahwa hidup manusia itu ibarat mampir di warung beli makan minum lalu pergi untuk melanjutkan perjalanan. Ibarat tidur maka bermimpi lalu bangun lagi. Se-saat…se-saat…se-saat!

Tags: , ,

Tinggalkan Komentar Ya!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: