Alquran bukanlah Kitab Alquran

Memang miris saat membaca berita  bahwa Kemenag diduga korupssi pengadaan Alquran. Yang menggalaukan hati bukan kata korupsinya ( sebab  kemenag terindikasi departemen terkorup) tapi tidak dicantumkannya  kata kitab dalam berita itu. Mengapa?

Inilah yang harus kita selidik.

                   وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الأمِينُ عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ

Terjemahan Surah Asy syu’araa’ , ayat 192 -194 :

Dan Sesungguhnya Al Quran Ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta Alam, Dia dibawa turun oleh Ar-Ruh Al-Amin (Jibril), Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan.(Terjemahan Depag).

Itulah Alquran, bukan kitab Alquran.Yakni, yang tidak berhuruf dan tidak bersuara. Dia dibawa oleh ruh (yang sangat halus dimensinya)  lalu masuk ke dalam hati. Jadi bagaimana mungkin berupa kitab atau buku, yang jelas berbentuk kasar?

Dengan demikian yang dimaksud berita di atas adalah Pengadaan Kitab Alquran bukan Alqurannya. Sebab Alquran yang sesungguhnya tidak dapat disentuh kecuali bagi orang yang telah disucikan.

                                  إِنَّهُ لَقُرْآنٌ كَرِيمٌفِي كِتَابٍ مَكْنُونٍلا يَمَسُّهُ إِلا الْمُطَهَّرُونَ      


Sesungguhnya Al-Quran Ini adalah bacaan yang sangat mulia, Pada Kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh),  Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan. ( Al-Waaqi’ah, 77-79).

Lalu bagaimanakah bentuk penulisan Alquran itu sendiri?

Pada masa ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup, terdapat beberapa orang yang ditunjuk untuk menuliskan Al Qur’an yakni Zaid bin TsabitAli bin Abi TalibMuawiyah bin Abu Sufyan dan Ubay bin Kaab. Sahabat yang lain juga kerap menuliskan wahyu tersebut walau tidak diperintahkan. Media penulisan yang digunakan saat itu berupa pelepah kurma, lempengan batu, daun lontar, kulit atau daun kayu, pelana, potongan tulang belulang binatang. Di samping itu banyak juga sahabat-sahabat langsung menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an setelah wahyu diturunkan.

Pada masa kekhalifahan Abu Bakar, terjadi beberapa pertempuran (dalam perang yang dikenal dengan nama perang Ridda) yang mengakibatkan tewasnya beberapa penghafal Al-Qur’an dalam jumlah yang signifikan. Umar bin Khattab yang saat itu merasa sangat khawatir akan keadaan tersebut lantas meminta kepada Abu Bakar untuk mengumpulkan seluruh tulisan Al-Qur’an yang saat itu tersebar di antara para sahabat. Abu Bakar lantas memerintahkan Zaid bin Tsabit sebagai koordinator pelaksaan tugas tersebut. Setelah pekerjaan tersebut selesai dan Al-Qur’an tersusun secara rapi dalam satu mushaf, hasilnya diserahkan kepada Abu Bakar. Abu Bakar menyimpan mushaf tersebut hingga wafatnya kemudian mushaf tersebut berpindah kepada Umar sebagai khalifah penerusnya, selanjutnya mushaf dipegang oleh anaknya yakni Hafsah yang juga istri Nabi Muhammad SAW.

Bentuk mushaf Alquran yang umum dipahami orang awam sekarang adalah berupa kumpulan atau penjilidan kertas, yang dicetak oleh pabrik pencetakan dan dapat dibeli di toko-toko, yakni KITAB AlQURAN. Sedangkan bentuk asli yang beredar pada jaman rosul hidup yang berupa pelepah kurma dansebagainya sudah tak tampak batang hidungnya.

Nah, era jaman yang akan datang -bisa jadi MUSHAF ALQURAN akan berkembang lebih jauh bentuknya sehingga tidak lagi berupa kertas-kertas.Namun, lebih maju dari itu sejalan dengan perkembangan jaman. Maka, kita tengok sekarang ini, ada KASET ALQURAN, CD ALQURAN,  ALQURAN SELULAR (HP), ALQURAN DIGITAL, LAPTOP ALQURAN, FLAS DISK ALQURAN, TABLET ALQURAN, MUNGKIN JUGA ADA HOLOGRAM ALQURAN. Yang kalau kita akan mengikuti kumpulan Baca Yasin di kampung-kampung ,tidak perlu lagi bawa yang cetakan kertas ( ribet) .Cukup bawa HAND PHONE ! Praktis bukan? Jadi jangan identikkan Alquran itu dengan Kitab Alquran.



Tags:

Tinggalkan Komentar Ya!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: