Lulus : Putih atau Abu-abu

KOMPAS.com/Yatimul Ainun

Lulus Ujian Nasional memang sesuatu yang membanggakan sehingga wajar ada ekspresi bahagia saat pengumuman. Corat-coret ala vandalisme sampai konvoi di jalanan adalah hal yang mudah ditemukan pada situasi ini. Padahal berbagai pihak telah menghimbau untuk tidak berkonvoi, tetapi hal ini diabaikan. Demikian pula pada hari ini, Sabtu 26 Mei 2012. Sepasukan anak SMA sedang girang lalu mencorat coret seragamnya lalu konvoi di jalan raya. Mereka dikenal dengan Putih Abu-abu sebab seragamnya  Putih Abu-abu. Apakah lulusnya mereka ada hubungannya dengan warna seragamnya ? Lulus : Putih atau Abu-abu?

Kita lihat saja Kamus Besar Bahasa Indonesia, bisa manual atau versi digitalnya !

  1. Putih berarti a) warna dasar yang serupa dengan warna kapas , b) kiasan murni; suci; tidak ternoda.
  2. Abu-abu berarti warna antara hitam dan putih (serupa dengan warna abu kayu bakar); kelabu.
  3. Sedangkan arti hitam adalah warna dasar yang serupa dengan warna arang, b) kiasan tentang sifat atau tabiat yang buruk.

Dengan demikian putih bisa dimaknai murni dan abu-abu bermakna setengah murni dan setengah buruk. Dihubungkan dengan kata lulus maka menjadi : lulus murni atau setengah murni!

Lalu apa hubungannya dengan pernyataan Mendikbud sekarang?

“Bicara UN bukan sekadar kelulusan, namun ada penanaman kejujuran di kalangan siswa. Itu sebabnya mekanisme pelaksanaan UN tahun (2012) ini lebih dipersulit untuk mengantisipasi kecurangan,” kata Nuh di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (15/2/2012) malam.

Kalau dicermati pernyataan Mendikbud di atas tentu penegasannya pada penanaman kejujuran. Lulus UN iya, tidak curang harus. Sebagaimana motto yang ditempel di sampul soal : Prestasi Yes! Jujur Harus! Tetapi kalimat terakhir yang mengganggu lubang kuping bahwa …mengantisipasi kecurangan. Ini berarti pada tahun-tahun sebelumnya UN dilaksanakan dengan berbagai bentuk kecurangan. Pihak mentri rupanya telah membaca situasi itu, maka mekanisme kali ini dipersulit untuk memperkecil kecurangan. Kalau begitu sebenarnya pihak kementrian telah pula tahu peta daerah ataupun sekolah mana yang curang. Maka pada tahun 2011 lalu didapat bahwa Provinsi terjujur adalah DIY Jogjakarta. Sedangkan NTB pada urutan ke-17 terjujur, sedangkan Provinsi Kalteng masuk 5 besar terjujur (http://smpn2gerokgak.wordpress.com). Nah, bagaimana UN 2012 ini ? Nah, bagaimana pasukan putih dan abu-abu yang sedang konvoi dan vandalisme?

Patut berbangga kalau lulusnya putih dan mestinya tidak perlu bangga berlebihan kalu lulusnya abu-abu!

Yang menarik pernyataan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Sri Wahyuningtyas :”Peringkat itu bukanlah merupakan hal yang paling penting. Namun, kejujuran siswa dalam mengerjakan UN lebih penting “. (MALANG, KOMPAS.com)

“Percuma kalau peringkat UN kita bagus, tetapi siswa tidak jujur dalam mengerjakan soal UN. Yang terpenting adalah menanamkan kejujuran pada siswa. Peringkat bukan hal penting !

Tags:

2 Comments to “Lulus : Putih atau Abu-abu”

  1. Ini adalah permasalahan yang penuh dilema
    karena sarat dg gengsi,citra,dan kepentingan kepentingan,tentunya!
    dimana setiap lini tidak mau ambil resiko,siswa harus lulus kalau tidak,citra sekolah akan turun,kualitas guru dipertanyakan,tak pelak petinggi Diknas pun akan mendapat sorotan negative,
    akhirnya bimsalabim abrakadabra sikat saja!!! segala cara dilakukan termasuk menyulap ketidak jujuran menjadi hal yang (Jujur,Mujur) yg penting aman,dan sama sama simpan kartu AS,alias menjaga rahasia yg bukan rahasia lagi,..
    lalu siapa dan apa yg harus di salahkan? siapa yg tak jujur?
    pikir di pikir semua serba salah deh……hahhayy..

Tinggalkan Komentar Ya!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: