30 March 2014

Otak Atik Nama CAPRES – CAWAPRES

pilpresJuli memang tiga bulan lagi. Namun bulan pilpres itu diawali dengan bulan April sebagai pileg yang sebentar lagi akan dilalui yakni 9 April 2014. Nah, momen pileg dan pilpres 2014 ini memunculkan banyak spekulasi  nama-nama calon presiden dan wakil presiden di bursa politik Indonesia. Ada yang sudah terangan-terangan memasangkan paket capres – cawapres, namun juga ada yang masih menggadang-gadang siapakah pendampingnya.

Kalau diotak-atik nama capres – cawapres yang muncul dalam kancah politik Indonesia, akan menghasilkan singkatan atau akronim yang lucu , unik sekaligus  bermakna . Coba baca semacam berikut!

JAB ( JOKOWI – ARB) = Kata Jab adalan istilah dalam olah raga tinju yang artinya pukulan pendek. Bisa ditafsirkan pasangan ini akan  menjadi pukulan bagi partai lain bahkan rakyat Indonesia. Sebab sejak lama PDIP yang mengusung Jokowi  dikenal partai oposisi bagi penguasa yang saat itu dikendalikan oleh Golkar.

JAS (Jokowi – Abraham Samad) = Jas adalah baju resmi (potongan eropa) berlengan panjang, berkancing satu sampai tiga,dipakai      diluar kemeja. Jas adalah simbol elegan, mewah, dan berkelas bagi si pemakainya. Namun, juga bisa  menjadi pakaian yang menggerahkan badan mengingat indonesia adalah negara tropis yang suhunya panas  sepanjang  hari. Para koruptor tentu akan gerah dengan pasangan ini, bukan?

JAM (Jokowi – Anis Matta) = Kata Jam dalam bahasa Indonesia adalah  penunjuk jumlah waktu . Namun, jam dalam bahasa Inggris bermakna   sele, kemacetan lalu lintas, kesukaran. Kata turunannya Jammed yang berarti menyumbat, mengganggu (brodcast), menekan, menjepit, berdesak-desakan. Pasangan Nasionalis – Agamis ini bisa jadi ideal , lengket macam sele,  namun bisa juga berdesak-desakan saling menekan semacam  dua gitar melodi yang saling unjuk kebolehan yang disebut dengan permainan ngejem!

JOKIMUKA( Jokowi – Muhammad J. Kalla) = Joki bisa bermakna 1) penunggang kuda pacuan, 2) pengatur lagu yang menangani mesin perekam lagu atau piringan hitam(di studio atau diskotek), dan 3) orang yang mengerjakan ujian untuk orang lain dengan menyamar sbg peserta ujian sebenarnya dan menerima imbalan uang. Sedangkan muka bermakna wajah, air muka atau rupa muka.

WARTA (Wiranto – Hari Tanoe) = Warta adalah berita atau kabar. Ini istilah yang berhubungan dengan persuratkabaran atau bahkan broudcast radio dan pertelevisian. Klop mengingat Hari Tanoe Sudibyo  yang jago dalam pertelevisian sebab dikenal memiliki MNC TV. Kuasai media publik signifikan dengan sampainya informasi kehadapan publik. Opini masyarakat akan terbentuk seiring opini pada media. Media bisa sebagai pembentuk karakter masa. Oleh karena itu seyogyanya tayangan di televisi bermuatan karakter yang baik sesuai budaya dan norma ketimuran yang kita punya.

PRABU RIJAL  B (Prabowo Abu Rijal Bakri) = Prabu adalah raja. Istilah ini dipakai untuk menyebut kehormatan sang raja. Sedangkan Rijal dalam bahasa Arab bermakna seorang pria atau laki-laki. Pasangan ini bisa dimaknai penguasa (seorang) pria yang merajai Indonesia  . Klaim bahwa Indonesia akan terwakili oleh Jawa – Luar Jawa terjadi pada pasangan ini. Prabowo yang gagah dengan naik kuda pada kampanyenya seolah raja di tengah masanya. Sedangkan ARB adalah sosok dari luar Jawa yang punya kans kuat untuk ikut dalam lingkup kekuasaan. Kalau ini terjadi akankah menjadi penguasa terkuat ke – B setelah ke- A? Mengingat dibesarkan dilingkungan yang sama satu Ibu satu Bapak?

PROMAH (Prabowo – Mahfud MD) = Akronim yang seirama dengan obat sakit maag (dibaca mah) ini memang bisa jadi mengobati sakit maag masyarakat Indonesia. Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan padalambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut.Penyebabnya bisa karena penderita makan secara tidak teratur. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan. Nah, bukankah rakyat Indonesia masih banyak yang telat makan sebab kemiskinan yang merata?

PAS ( Prabowo – Abdus Samad) = Pas adalah kata percakapan yang bisa dimaknai KLOP – TEPAT – COCOK – JITU – TIDAK KURANG TIDAK LEBIH. Pasangan ini dianggap tepat ( menurut orang yang setuju) sebab 1) mencerminkan Jawa  dan Luar Jawa, 2) Tegas disiplin dgn disiplin kemiliteran dan  tegas disiplin dgn berantas korupsi ,3) Pasangan militer dan sipil.

Akhirnya, Indonesia memang membutuhkan pasangan pemimpin yang tepat, berkelas serta mampu menyejahterakan rakyat Indonesia sehingga Indonesia memiliki nilai tawar (bargaining position) di kancah politik dunia.  Namun, untuk meraihnya janganlah memakai segala cara. Ingat, jangan bertengkar seperti anjing rebutan tulang ! Kepala boleh panas namun hati tetap dingin. Siapapun yang terpilih, yang menang adalah Indonesia! Amin.

 

Tags:
29 March 2014

Falsafah 5 Jari

Satu peringatan ” BERHATI-HATILAH DALAM MENGGUNAKAN KELIMA JARI!”

Sadar atau tidak menunjuk orang lain dengan meluruskan jari telunjuk adalah sering terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Tunjuk jari biasanya dilakukan seorang atasan kepada bawahan untuk memerintah. Hal yang lain tunjuk jari dilakukan karena memaki-maki orang lain. Untuk hal pertama adalah sebuah kewajaran. Namun, yang kedua adalah kekurangajaran.

Karena  tidak sama jalan pikirannya lalu kita jelek-jelekkan. Baik dihadapannya atau dibelakangnya. Karena tidak sama agamanya lalu kita nistakan mereka   sekenanya. Sebab berbeda yang lain-lainnyapun lalu serta merta kita main tunjuk dengan meluruskan jari telunjuk ke depan sedang jari yang lain tergenggam. Semacam begini:tunujk

Padahal kalau kita mau berpikir jernih , lihatlah saat kita main tunjuk! Satu jari mengarah kepada orang lain sedangkan empat jari  menghunjam kepada diri kita. Bila kita menunjuk sambil memaki, ” Kamu tidak baik!”.  Maka sesungguhnya empat jari menunjuk kepada kita dan menyatakan kitalah  yang tidak baik. Bukankah orang yang baik  tidak memaki-maki?  Bila kita menunjuk lalu berkata , ” Mereka tidak nasionalis! ” . Pertanyakan, benarkah kita nasionalis? Kalau kita mementingkan agama dan suku kita masing-masing maka bukanlah nasionalis,kan?  By the way, karena like and dislake saja lalu kita mengatakan, ” Itu mereka bangsa Onta!” Bukankah kemungkinanya empat jari yang mengarah kepada kita  menyatakan, ” Ini lho , aku bukan bangsa Onta. Lalu apa? Bisa jadi jawabnya Monyet, Kuda, Kadal  atau Babi, bukhan? Lalu maukah kalau kita dikatakan oleh orang lain dengan  bangsa Monyet, Kuda, Kadal  atau bangsa Babi?

Ingatlah konsep KARMAPALA!

 

Tags: , ,
23 November 2013

Cara Lolos dari Operasi Ambeien

Ini sebenarnya adalah pengalaman pribadi. Sekitar Mei 2013 , saya kehilangan kendali terhadap pencernaan dan perilaku aktivitas sehingga terkena penyakit Ambein atau Wasir.  Puncaknya stadium 4, grade wasir itu. Yakni varises membesar di sekitar anus dan tidak bisa mengecil lagi. Lalu klep anus senang menghirup udara luar dan tidak pernah ingin masuk kembali. Bahkan dipaksa halus dengan sabun atau minyak bahkan Aloe vera (lidah buaya) juga gak bergeming. Parahnya menjadi lecet-lecet , kulit arinya mengelupas bagai kecelakaan kecil terantuk jalan aspal. Di sinilah kepanikan terjadi. Bagaimana makannya? Bagaimana BAB nya? Bagaimana duduk di kursi?(sampai saya beli ban dalam vespa ).  Bagaimana aktivitas kesehariannya? Semua kacau, gundah gulana , stres cenderung putus asa. Sebab jalan pintas biasanya operasi. Ala mak! Habis dah bolku nanti. Klep pengatur pintu keluar bakalan rusak diobok-obok pisau dokter bedah. Gak mau, ah….!

Ditengah kekacauan ini, banyak macam saran obat dan ramuan herbal dari teman aku jalani. Syukurlah ada kepedulian teman-teman  sekantor dan sepergaulan , antaranya Bapak Kaprawi (dengan Clorophilnya) ,  Bapak Dewa Nyoman Tastra  dan Pak Agus B  serta yang lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu.(Terima kasih Pak! Jasa Bapak-bapak terkenang selalu) yang menyarankan  untuk terapi wasir ke dokter ( bukan di bedah lho). Menarik, akhirnya  jadilah saya diantar ke dokter yang buka praktek di kota Klungkung (lebih kurang 150 Km dari tempat tinggalku). Aduh , biyung di mobil gak bisa juga ngintip-ngintip jendela mobil sebab aku harus tiduran sepanjang jalan. Tidur miring lagi. Gimana gak miring , itu telor ayam nempel terus di pantat. Suakit……..Mak! Jalani saja demi sukses tidak dibedah, ingat lagunya Jamrud ” ..berakit-rakit ke hulu ……mati kemudian! ” (Ah, jangan ah…) .

Jadilah diberi obat terapi untuk masa seminggu. Habis obat itu harus balik lagi. Hemmmm, lumayan untuk guru yang hidup pas-pasan ini. Satu amplop plastik macam ragam obat + suntik , 650 ribu rupiah. Yang kedua 550 ribu saja. Aduh kalau sepuluh kali balik , berapa ya? Apa gak berjutjut….

Yang menarik penjelasan dokter Edi (begitu papan namanya) bahwa BAB itu ada 3 tipe. Satu, tipe tahi kambing. Mrongkol-mrongkol bahasa Prancisnya bentuk Granule. BAB yang semacam ini haram bagi penderita Wasir. Akan sakit luar biasa bila BAB. Pengalamanku, EEK yang begini membuat sengsara setengah hampir mati. Perut melilit,  badan keringat dingin, duduk di WC jongkok BOL tambah mekar sedangkan si dia emoh keluar. Aduh…tobat Gusti!!!!!!!! Yang kedua, tipe cairan. BAB nya mencair atau yang lebih populer MENCRET , yang gini ini juga haram bagi wasir stadium 4 apalagi lecet-lecet. Bisa menjadi infeksi sebab kontaminasi kuman. Tapi gak sampai dikudeta hati kok (he,,he…ingat si Vicky). Tipe ketiga, ini yang dianjurkan untuk halal dikeluarkan penderita wasir, yakni tipe SOSIS. Lembut, lunak tidak cair juga tidak kental banget….ya….enak lah kalau dikeluarkan .Nyaris tak terdengar !

gelas-airDari sinilah , saya baru ingat bahwa beberapa tahun sebelum terkena wasir ini saya pernah menerapkan terapi air yang konon bisa menerapi 55 macam penyakit. Terapi apa itu?

Kita harus minum air bening ( yang kata orang air putih, kataku air putih itu SUSU …he..he..) sebanyak 7 gelas setelah bangun pagi. Caranya : Begitu bangun pagi, belum gosok gigi, belum makan apa-apa, belum merokok, dan lain-lain ………….langsung saja ambil gelas lalu tuang air sepenuh gelas dan glek…glek….satu, dua, tiga, empat, lima, enam, dan tujuh.Selesai! Simpel, khan? Lakukan setiap hari sehingga menjadi kebiasaan sampai kapan pun (kecuali mati) .He…he…kalau Anda mau coba monggo, namun bila gak bisa langsung 7, ya ditahap dulu. Hari ini 2, besok 3, lusa 4 dst!

Suerrrrr! Terapi inilah yang sesungguhnya membuat wasir saya emoh keluar lagi. Sedang obat yang dari dokter tadi  juga membantu mengecilkan…mengecilkan….mengecilkan lalu masuk dengan sendirinya. Alhamdulillah, terapi air ini sudah saya uji coba dengan cara TES CASE makan minum sembarangan lagi ( Padahal ,  kata orang kalau sudah pernah terkena wasir- jangan makan minum sembarangan lagi).

Dua minggu setelah klep anus masuk lagi, saya masih jaga pola makan. Namun, mulai  bulan Juli, saya  Start  makan Bakso, Mie ayam, Sate, gule,sambel deesbe ( padahal disaat panik dulu – gak bakalan makan sembarangan ….gombal) .Yang paling ekstrem pedas adalah BETUTU GILIMANUK. Masakan ini pun sudah saya coba 3 kali sampai bulan November 2013. It’s no problem….verry well...KLEP anus tetap nyaman di dalam. Dengan terapi air setiap pagi, BAB nggak usah ngeden tapi lancar jaya seperti ada yang mendorong dari dalam…….(mobil mogok kali).

Emang …TERAPI AIR …tokcer! Anus  jadi aman , makan jadi nyaman! Horeeeee….NO OPERASI! ALHAMDU….LILLAH!

Tags: , ,
3 October 2013

Laki – laki Akil (Baliq) dan Perempuan

Straight  News,  TV One tadi malam ( Rabu, 2 Oktober 2013 )  terus meng- up date   tentang seorang Ketua MK, inisial AM yang ditangkap tangan  bersama anggota DPR , inisial CN sedang transaksi suap kasus PILKADA Gunung Mas , Kalimantan  dengan nilai lebih kurang 2 Milyar. Belakangan rilis KPK , inisial tersebut adalah AKIL MOCHTAR DAN CHAIRUN NISA. Mereka berdua adalah politisi GOLKAR, yang berlambang POHON BERINGIN.

Meski masih patut diduga tetapi…………Wouwwww, seorang Ketua Mahkamah Konstitusi dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat !

Entah suatu takdir atau kebetulan belaka bahwa seorang laki-laki yang sedang akil balig pasti akan bersinggungan  dengan seorang perempuan ( dalam bahasa Arab – Nisa) . Manusia remaja yang beranjak dewasa ini akan bertindak out of control  yakni mewarisi karakter Adam dan Hawa, yang melanggar ketentuan Tuhan untuk tidak makan ” buah kuldi ” atas bisikan Iblis .Sehingga akan membuat malu  lalu menutupi auratnya masing-masing. Pada akhirnya di depak Tuhan dari surga dan masuk PENJARA  bumi.

WarningLaki-laki  dan  perempuan akil baliq  akan selalu mencari tempat yang sepi , tertutup rimbun macam di bawah pohon beringin, lalu berpacaran kebablasan  maka terjadilah ML (Making Love) . Kalau mereka tidak menyadari ini sebuah kesalahan maka akan MENJADI KETAGIHAN (MK). Akibat yang paling parah akan terjadi “KEHIDUPAN “, pada perut si perempuan. Sesuai dengan isi BBM sang Ketua MK sebelum tertangkap, yakni “ KEHIDUPAN “, SATU KEMUNGKINAN! 

Yang parah cap kepada perempuan begini  akan membuat nestapa. Chairun Nisa , yang bermakna perempuan baik akan menjadi sebaliknya.  Sedang laki-laki AKIL baliq  (dewasa )  tetap  terpilih ( MUHTAR  )   untuk melenggang kangkung bawa pentungan. Sedangkan Kemungkinan masuk penjara adalah keniscayaan.

Taruhlah,  proses pertemuan Adam dan Hawa terjadi di padang Arafah sehingga peristiwa ini menjadi agenda tahunan di musim haji, maka Akil Mochtar dan Chairun Nisa akan bertemu  juga di penjara di musim haji ini.

Hemmm, emang  gunung emas Kalimantan menggiurkan. Selamat menunggu!

Tags: , ,
2 October 2013

Trans7, Menyentik Pikiranku!

bluevirgolady.blogspot.comAda yang saya pikirkan ketika Trans7 menayangkan Acara KHAZANAH pada hari selasa, 1 Oktober 2013 ba’da Subuh.  Dalam setiap tayangan acara itu selalu menarik dan mengajak manusia berpikir. Tidak terkecuali saat itu, yakni ketika bertopik MALAM dalam perspektif Al-Quran. Banyak ayat-ayat Al-Quran yang menyampaikan berita bahwa malam itu sesuatu yang urgen buat segenap manusia mendampingi siang. Pergantian siang ke malam atau sebaliknya adalah sebuah ketentuan Tuhan untuk direnungi.

Siang adalah identik dengan terang benderang, sejalan dengan sinar matahari yang memancar ke bumi. Di saat inilah waktu yang terbaik bagi manusia untuk mengeksekusi segala urusan yang banyak (SURAT 73, AL MUZAMMIL : AYAT 7). Terlebih bagi petani yang akan bercocok tanam . Situasi siang hari adalah waktu yang paling ideal demi berkembangnya satu bibit tanaman menjadi banyak dahan , banyak ranting, banyak bunga, dan banyak buah. Ini tidak terlepas dari peran siang dengan sorot matahari dalam fotosintesis. Pendeknya siang adalah waktu yang pas untuk menyemai, menanam, merawat, serta memanen sebab  kondisi siang menjadi media mutlak untuk melaksanakan hal itu. Ini tidak ubahnya seperti peribahasa Jawa yakni TUMBU KETEMU TUTUP. Tumbu = Wadah beras, yang bertemu dengan tutupnya. Atau Kaleng biscuit yang ketemu tutupnya. Jadi klop , matching. Bahasa kerennya COMPATIBLE- lah! Bagaimana dengan malam?

Jujur meski berat untuk dilaksanakan , inilah pernyataan Tuhan kepada orang yang berselimut, bangunlah di malam hari ( lihat selengkapnya dalam Surat Al- Muzammil , ayat 1- 20). Artinya bahwa di waktu malamlah sebagai waktu yang klop, match, dan compatible bagi manusia (tidak hanya untuk Nabi Muhammad)  untuk bercocok tanam, menyemai, menanam, merawat dan memanen bibit amal yang berhubungan dengan ibadah ketuhanan. Sehingga terjadi situasi yang ideal yang akan menghasilkan kualitas hubungan yang maksimal , optimal  dengan dunia gaib ketuhanan. Pantas , wahyu  turun di malam hari. Ingat malam lailatul qodar, malam Nuzulul Qur’an bukan naharul qodar atau siang nuzulul qur’an, bukan?

Namun, perlu dicermati juga bahwa dunia gaib itu tidak selalu bersinggungan dengan Tuhan semata. Masih ada hal lain yang gaib-gaib yang justru menggagalkan panen  amal ibadah dengan Tuhan. Mereka itu ibarat  hama dan gulma bagi petani.  Sebut saja , dunia sihir, dunia Jin,  apalagi dunia Iblis. Sebab gaibnya, manusia bisa salah kira. Dikiranya Tuhan, padahal Iblis. Disangka Iblis padahal Tuhan. Gaib adalah rahasia. Maka yang tahu rahasia adalah orang yang pernah tahu rahasia itu. Maka mintalah tahu rahasia itu kepada orang yang pernah tahu rahasia itu. Ini sejalan dengan pernyataan , ” Jadikanlah dirimu beserta Allah, jika engkau belum bisa beserta Allah, maka besertalah dengan Orang-orang  yang beserta Allah, maka sesungguhnya orang itulah yang menghubungkan engkau kepada Allah”  (HR Abu Dawud).

Yang menggelitik pikiran adalah terjadinya siang dan malam itu tidak di angkasa atau di langit , bukan? Sebab di angkasa selalu terang benderang sepanjang waktu. Pergeseran siang ke malam hanya di bumi atau planet lain. Itu pun terjadi pada sebelahan bumi saja. Belahan yang satu siang maka yang lain menjadi malam. Demikian sebaliknya. Artinya compatible peribadatan dengan Tuhan hanya bisa terjadi di sebelahan bumi saja di saat malam tiba. Maka bercocok tanamnya amalan ibadah manusia hanyalah di bumi saja. Bukan di langit angkasa ! Bukan di langit angkasa ?

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.